Jurnal Akademik







Penelitian merupakan kewajiban bagi dosen dan juga tamatan perguruan tinggi, Demikian juga untuk mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa Pascasarjana sebagaimana dinyatakan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 


Sedang untuk dosen perguruan tinggi, Penelitian ilmiah yang dimuat dalam jurnal akademik merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki untuk mengajukan kenaikan jabatan fungsional.


Dosen perlu meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah berkualitas yanf dimuat dalam jurnal akademik untuk dapat dimuat pada jurnal-jurnal terakreditasi.


Menyadari bahwa publikasi hasil penelitian dosen dan tamatan pendidikan tinggi masih sangat rendah, secara khusus dalam jurnal akademik. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum berkembangnya budaya menulis di masyarakat pada umumnya, dan juga perguruan tinggi khususnya. 


Maka, pengembangan kemampuan menulis artikel ilmiah dalam jurnal akademik, khususnya dikalangan dosen merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Maka, dalam upaya mengatasi hal itu, blog ini menjadi media komunikasi serta media menampilkan karya-karya ilmiah dosen untuk lebih dipopulerkan.


Workshop penulisan artikel ilmiah untuk jurnal kademik dan workshop review naskah jurnal ilmiah juga menjadi program dari blog karya tulis ilmiah ini.


Dr. Binsar A. Hutabarat

No comments:

BINSAR HUTABARAT INSTITUTE: Menulis Pengalaman itu penting!

BINSAR HUTABARAT INSTITUTE: Menulis Pengalaman itu penting! :             CLICK HERE! Pertama kali mendengar perkataan, apa ya...